PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEMA PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Dendi Tri Suarno, Sukirno Sukirno
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS dengan tema pemanfaatan dan pelestarian sungai untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini adalah berupa multimedia pembelajaran dalam bentuk CD program, yang telah dinilai dengan skala lima menunjukkan bahwa:(1) aspek pembelajaran dengan skor 4,64 “sangat layakâ€; (2) aspek materi dengan skor 4,83 “sangat layak†(3) penilaian ahli media pada aspek media dengan skor 3,92 “layakâ€. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa: (1) uji coba lapangan awal dengan skor 4,04 “layakâ€; (2) uji coba lapangan utama dengan skor 4,14 “sangat layakâ€; (3) uji coba lapangan operasional dengan skor 4,19 “sangat layakâ€. Hasil tes uji coba efektivitas lapangan menunjukkan skor ketuntasan belajar siswa sebesar 76,4 (melampaui KKM yaitu 75,0), aspek sikap sebesar 84,36 “sangat baik†dan skor aspek keterampilan sebesar 71,88 “baikâ€.