PENGEMBANGAN BANK SOAL DI SLTP DAN SMU PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan utama program  penerapan  IPTEKS  ini adalah untuk melatih  para guru agar memiliki  kemampuan  menyusun  butirÂbutir soal yang memenuhi  persyaratan  untuk  dimasukkan  ke dalam bank  soal,
Khalayak  sasaran  adalah  para guru SLTP dan SMU di Propinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  yang  diizinkan  oleh Kanwil Depdikbud  setempat  untuk  mengikuti  kegiatan  ini. Metode  yang  digunakan  meliputi  kegiatan  ceramah,  pelatihan  praktek terbimbing/tutorial,  dan kerja mandiri.
Soal yang disusun  dalam  pelatihan  pengembangan  bank soal ini adalah  untuk  seluruh  mata pelajaran  yang  diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L  Hasil pelatihan menunjukkan  bahwa para guru benar-benar  dapat ditingkatkan  kemampuannya dalam menyusun  kisi-kisi,  menyusun  dan menyunting  butir soal, merakit  soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program ASCAL dan dimasukkan  ke dalam bank soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program  lTEMAN  dan menginterpretasikan hasilnya  untuk mengetahui  kekuatan  distraktor  rnasing-masing  butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran  diujikan  pada500 testi, hasilnya  menunjukkan  bahwa  presentasi  butir  soal yang  tidak  memenuhi  persyaratan  untuk  dimasukkan  ke dalam bank  soal berkisar  12% sampai  45%.  Hasil  pemantauan  di sekolah  menunjukkan  bahwa  pengalaman  yang  diperoleh  para petatar  benar-benar   ditularkan  kepada  guru  lain  di  sekolahnya  masing-masing   di  antaranya  ada  yang  melalui  kegiatan Musyawarah  Guru Mata Pelajaran  (MGMP).
Kata kunci: Bank Soal-  Menulis  Butir
Khalayak  sasaran  adalah  para guru SLTP dan SMU di Propinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  yang  diizinkan  oleh Kanwil Depdikbud  setempat  untuk  mengikuti  kegiatan  ini. Metode  yang  digunakan  meliputi  kegiatan  ceramah,  pelatihan  praktek terbimbing/tutorial,  dan kerja mandiri.
Soal yang disusun  dalam  pelatihan  pengembangan  bank soal ini adalah  untuk  seluruh  mata pelajaran  yang  diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L  Hasil pelatihan menunjukkan  bahwa para guru benar-benar  dapat ditingkatkan  kemampuannya dalam menyusun  kisi-kisi,  menyusun  dan menyunting  butir soal, merakit  soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program ASCAL dan dimasukkan  ke dalam bank soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program  lTEMAN  dan menginterpretasikan hasilnya  untuk mengetahui  kekuatan  distraktor  rnasing-masing  butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran  diujikan  pada500 testi, hasilnya  menunjukkan  bahwa  presentasi  butir  soal yang  tidak  memenuhi  persyaratan  untuk  dimasukkan  ke dalam bank  soal berkisar  12% sampai  45%.  Hasil  pemantauan  di sekolah  menunjukkan  bahwa  pengalaman  yang  diperoleh  para petatar  benar-benar   ditularkan  kepada  guru  lain  di  sekolahnya  masing-masing   di  antaranya  ada  yang  melalui  kegiatan Musyawarah  Guru Mata Pelajaran  (MGMP).
Kata kunci: Bank Soal-  Menulis  Butir
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)