PENGGUNAAN MUSEUM SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN OUT-CLASS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Museologi melalui pembelajaran out -class pada Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengembangan model pembelajaran out -class dilatarbelakangi oleh perlunya dinamisasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meng-hasilkan pembelajaran bermakna, mencari, menemukan, dan memecahkan per-masalahan dalam perkuliahan dengan penerapan metode out-class.
Â
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan hasil ujian mahasiswa dalam mata kuliah museologi.
Â
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran pada mahasiswa semester gasal yang mengambil mata kuliah Museologi melalui pengembangan dan penerapan model pembelajaran out-class.Diperoleh kesimpulan bahwa dari penelitian ini berhasil meng-indentifikasi museum-museum yang ada di Yogyakarta. Dari beberapa museum yang berhasil diidentitikasi tersebut hanya terdapat beberapa museum yang efektif dan relevan untuk dijadikan sumber belajar siswa dalam mata kuliah Museologi.
Â
Kata Kunci: Pembelajaran Bermakna, Museum
DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2010 V. Indah Sri Pinasti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150
ISTORIA has been Indexed by:
 Â
Â
 Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Supervised by:
Â
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.