Analysis of needs for development of earthquake disaster mitigation animation videos for disabilities elementary school children
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abriansyah, G. P., Apsari, N. C., & Mulyana, N. (2019). Penyandang disabilitas dalam dunia kerja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 234. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20499
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. JIPP : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403
Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Assyifa, F. N., Rohita, & Nurfadilah. (2020). Pengaruh video pembelajaran interaktif mengenal warna terhadap kemampuan kognitif anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 137–146. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.5
Astara, A. ., & Hafida, S. H. N. (2021). Implementasi pendidikan pengurangan risiko bencana gempa bumi: Systematic review [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/90664/1/Araa Reda_Artikel Nakah Publikasi.pdf
Boon, H., Brown, L., & Pagliano, P. (2014). Emergency planning for students with disabilities: A survey of Australian schools. Australian Journal of Emergency Management, 29(1), 5. https://knowledge.aidr.org.au/resources/ajem-jan-2014-emergency-planning-for-students-with-disabilities-a-survey-of-australian-schools/
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran. School of Electronics and Computer Science Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699. http://eprints.umsida.ac.id/1267/1/ICT Video.pdf
Hayati, A., Bararatin, K., Rizqiyah, F., Defiana, I., & Erwindi, C. (2021). Mitigasi bencana bagi masyarakat penyandang disabilitas. SEWAGATI, 5(3), 286–294. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.62
Indriani, S., & Marlina, M. (2020). Persepsi mahasiswa reguler dan disabilitas terhadap layanan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Jurnal Basicedu, 4(4), 1438–1445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.581
Izza, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Adobe After Effect materi siklus hidrologi mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo [Universitas Negeri Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70337
Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Rakhmawati, R. (2017). GEMPA : Game edukasi sebagai media sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi bagi anak autis. JNTETI: Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 6(2), 10. https://journal.ugm.ac.id/v3/JNTETI/article/view/2853
Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesa (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam komunikasi. INKLUSI, 2(2), 221. https://doi.org/10.14421/ijds.2202
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20257
Prahara, A., Anwar, N., & Rochmah, N. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dan media presentasi bagi guru di BKS Umbulharjo. http://eprints.uad.ac.id/32786/1/2021 PPM Reguler Adhi Prahara Revisi.pdf
Prawindia, L., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku Cambridge fundamentals of geography untuk kelas XI SMA/MA materi sebaran barang tambang. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.17977/um017v21i12016p053
Rizky, U. F. (2014). Identifikasi kebutuhan siswa penyandang disabilitas pasca sekolah menengah atas. IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2014.01.01.07
Rosantiana, N. M. (2016). Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang. [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/27527/1/3301412037.pdf
Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya pengurangan risiko bencana pada kelompok rentan. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1), 30–38. https://perpustakaan.bnpb.go.id/jurnal/index.php/JDPB/article/view/129/99
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.51885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Adik Ismail, Ika Candra Sayekti, Siti Azizah Susilawati, Dias Aziz Pramudita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics