Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Vicky Rizki Febrian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di di SMP N 5 Batusangkar. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pembina ekstrakurikuler. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Keywords


manajemen peserta didik, prestasi siswa, Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Alhuda. 2020. Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 208-219.

Asiah, N. 2017. Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Lintang Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1):22.

Astuti. 2021. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 113-144.

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hadiyanto. 2013. Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Wasath.

Hamidah. 2018. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 6(2). 1-10

Mardianis. 2018. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Peserapan Metode Pembelajaran Problem terhadap Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 11-18.

Rifa’i, M. 2018. Manajemen Peserta Didik. Medan: Widya Puspita.

Muspawi, M. 2020. Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744-750.

Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. 2016. Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 1(3), 521-525.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Rosyid, M. Z. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Shalahudin. 2021. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Garudhawaca.

Selvia, B., Lian, B., & Sari, A. P. 2020. Penerapan Pembinaan Ekstrakurikuler dalam Kegiatan Pembelajaran Full Day School. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 152-167. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3763

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Yazidi, A. 2013. Memahami Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013 (The Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Bogor: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pakuan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats