PENGEMBANGAN BUKU TEKS TEMATIK TEMA PERMAINAN UNTUK KELAS III SDN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks tematik “tema Permainanâ€. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tridadi yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penilaian dari ahli materi dan media terhadap buku teks tematik tema permainan ditinjau dari aspek kelayakan isi berkategori “sangat baikâ€, aspek penyajian berkategori “Sangat Baikâ€, aspek kebahasaan berkategori “Sangat Baikâ€, dan aspek kegrafikan berkategori “Sangat Baikâ€. Penilaian dari guru aspek kelayakan isi berkategori “Baikâ€, aspek penyajian “Sangat Baikâ€, aspek kebahasaan berkategori “Baikâ€, dan aspek kegrafikan berkategori “Baikâ€. (2) Respon siswa terhadap buku teks yang dikembangkan menunjukkan respons yang “Baikâ€, (3) Efektivitas buku teks tematik yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Tinggiâ€, ditunjukkan dari rerata skor gain seluruh siswa kelas III dalam uji coba terbatas dan diperluas sebesar 0,71.
Kata kunci: pengembangan, buku teks tematik, tema permainan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
![]() | Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |