Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Prestasi Tolak Peluru Gaya Ortodoks Pada Siswa Putra Di Kota Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Prestasi Tolak Peluru Gaya ortodoks Pada Siswa Putra Di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian One group Pre-Test Post-Test kuantitatif eksperiment. Dengan treatmen (Perlakuan) sebanyak 16 kali yang dimana dilakukan 2 kali dalam 1 minggu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas 7 dan kelas 8 di MTs Al-Azhar sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan data yaitu tes tolak peluru gaya ortodoks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis paired sampel t-test yang sebelumnya telah melalui tahap uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung yaitu -535 dengan nilai signifikansi 0,596. Data yang diperoleh mempunyai hasil yang lebih besar dari nilai signifikansi atau nilai probability (p) lebih besar dari 0,05 (p>0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang bermakna latihan Push-Up terhadap prestasi tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra di Kota Malang
Abstract: The aim of this research is to determine the effect of push-up training on orthodox style shot put performance among male students in Malang City. This research is a one group Pre-Test Post-Test quantitative experimental research. With treatment (treatment) 16 times which is carried out 2 times in 1 week. The sample in this study was 30 male students in grade 7 and grade 8 at MTs Al-Azhar. The data collection technique is the orthodox style shot put test. The data analysis technique used is paired sample t-test analysis which has previously gone through the data prerequisite test stages, namely the normality test and homogeneity test. The research results obtained a calculated t value of -535 with a significance value of 0.596. The data obtained has results that are greater than the significance value or probability (p) value greater than 0.05 (p>0.05). Thus, it can be concluded that the hypothesis is rejected, meaning that there is no significant effect of Push-Up training on the orthodox style shot put performance of male students in Malang City.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, cv.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualtitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.
Arifin, Z., Bumi, S. A., & Way, A. (n.d.). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. VI.
Bareng, K., & Jombang, K. (2018). Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru …….. 1(September).
Brien, P. G. O. (2023). = 0.418 > r. 23(1), 1–11.
Cibro, D. S., Putri, A. P., Hutahaean, D. S. E., & Natser, R. A. (2023). Math in Motion : Exploring Sportsas a Context for Teaching Elementary Mathematics. 1(9), 339–342.
Coefficient, G. S. (2020). Pengembangan model permainan sepatu batok untuk pembelajaransepak bola pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan siswasekolah dasar abstrak pendahuluan Pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan pada hakekatnya adalah “ suatu proses pendidikan yang mem. 43–53.
Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. 7(2), 143–154.
Daulay, B., Keolahragaan, F. I., & Medan, U. N. (2019). Dasar dasar latihan dalam kepelatihan olahraga. 3(5), 42–48.
Dwi Cahyo, A., Ibtidiyah Negeri, M., & Utara, L. (2023). Upaya Penggunaan Audio Visual 26 Gerak. Journal of Physical Education, 3(1), 26–32.
Hasil, M., Lari, B., & Melalui, G. (2014). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 1. 2, 1–14.
Hendra, A., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan. Penjaga : Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 25–29.
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 2(2), 13–17.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Nugroho, R. A., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Mahfud, I. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press dan Squat Thrust Terhadap Peningkatan Power Tungkai Atlet Bola Voli. Jendela Olahraga, 6(2), 40–49. https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.7391
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Penjualan, P. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor suzuki satria fu pada pt. Sunindo varia motor gemilang medan Esterlina Hutabarat. 3(1).
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Unnes Journal of Mathematics. 6(2), 168–177.
Sembiring, J., Helmi, B., Sihombing, H., Deli, M., & Utara, S. (2022). Jurnal dunia pendidikan. 2, 51–56.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Siswa, P., Ips, K. X., & Sma, D. I. (2020). (0.450), maka rx 1 y > r. 1(2), 68–76.
Study, C., & Hardness, O. (2017). Studi Uji Kekerasan Rockwell Superficial VS Micro Vickers. 2(2).
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Unib, F. (2015). Peran guru pendidikan jasmani dalam sistem. 11(April), 37–44.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wahyu Cirana, Arif Rohman Hakim, & Untung Nugroho. (2021). Pengaruh Latihan Drill Smash Dan Umpan Smash Terhadap Keterampilan Smash Bola Voli Pada Atlet Putra Usia 13-15 Tahun Club Bola Voli Vita Solo Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.1381
Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). No Title. April, 29–39.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2), 96–102.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i1.65289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.