Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis dengan Syndicate Group

Juniati Juniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran syndicate group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis-Taggart yang terdiri dari 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXe SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 24 siswa. Materi pokok: Listrik dinamis. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa belajar fisika meningkat dari siklus I sebesar 30% menjadi 70% pada siklus II, motivasi siswa meningkat dari 45% menjadi 80%. Hasil belajar meningkat dari 72,60 menjadi 80,67. Juga ada peningkatan jumlah anak yang mencapai ketuntasan belajar, dari 67% menjadi 92%.

Kata kunci: syndicate group, aktivitas, motivasi, hasil belajar, listrik dinamis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo