Penerapan Strategi RG-RP Pada Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hariyatmi Hariyatmi

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan strategi Reading Guide (RG) untuk pemahaman materi dan dilanjutkan dengan strategi Role Playing (RP). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif aspek produk sebelum tindakan adalah 59,16, pada akhir siklus I menjadi 74,34, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 79,28. Pada ranah kognitif aspek proses, ada peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik dan siklus II menjadi sangat baik. Ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan pencapaian strategi RG-RP meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: strategi reading guide, role playing, sistem pernapasan manusia, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo