Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Tradisional di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing sebagai Bahan Pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarawati, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam mempelajari faktor perkalian, koefisien, konstanta, suku, dan suku sejenis. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1(2), 1-7.
d'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada sekolah menengah atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.
Malik, A., & Narimo, S. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di Temanggung. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 6-12.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory based instruction materi kerucut menggunakan konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.
Powell, A. B., & Frankenstein, M. (Eds.). (1997). Ethnomathematics: Challenging Eurocentrism in mathematics education. SUNY Press.
Praditya, P. (2014). Fasilitas kebudayaan suku Osing di Banyuwangi. eDimensi Arsitektur Petra, 2(2), 32-39.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Rahmat, M. (2014). Pendahuluan geometri. Universitas Terbuka.
Sandi, S. A., Mashadi, M., & Gemawati, S. (2018). Pengembangan teorema Menelaus pada segilima. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 57-64.
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.
Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.
Tamrin, M. I. (2018). Pendidikan non formal berbasis masjid sebagai bentuk tanggung jawab umat dalam perspektif pendidikan seumur hidup. Menara Ilmu, 12(1), 15-21.
Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.29893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Â
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by:
