RELIABILITAS INTER-RATER PADA PENGUKURAN MENJAHIT BUSANA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengembangkan   lembar penilaian menjahit busana pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta; (2) mengembangkan panduan penilaian menjahit busana ; dan (3) mengetahui tingkat kesepahaman dan kesepakatan penilai dalam pengukuran menjahit busana. Sampel sebagai sumber informasi dalam penelitian ini adalah siswa klas XII SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan penilai unjuk kerja menjahit busana diambil dari guru SMK bidang keahlian pembuatan busana dan  penilai  dari  industri  busana.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah: (1) lembar penilaian; dan (2) panduan penilaian (rubrik).  Analisis  koefisien  reliabilitas  menggunakan  program  Cohen’s Kappa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Lembar penilaian menjahit  jas  mencakup:  (a)  jenis  kegiatan,  terdiri  atas:     komponen persiapan, proses, hasil, sikap kerja, dan penggunaan waktu; (b) butir-butir soal yang dinilai; (c) skala penilaian; (d) bobot; dan (e) perolehan nilai; (2) panduan penilaian (rubric) keterampilan menjahit, masing-masing butir mengacu pada empat skala, yaitu sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik, yang dilengkapi dengan deskripsi masing-masing skala penilaian; (3) koefisien       (Kappa)  untuk:  persiapan  menjahit  sebesar  0.77,     proses menjahit  sebesar  0.76,  hasil  menjahit  sebesar  0.78,    sikap  kerja  dan penggunaan  waktu  sebesar  0.78.  Besarnya  indek  reliabilitas  menjahit busana  memenuhi  persyaratan  yang  ditetapkan  yaitu  0.70.  Dengan demikian terdapat tingkat kesepakatan dan tingkat kesepahaman dalam melakukan   penilaian   menjahit   busana,   sehingga   instrumen   dapat digunakan pada faset yang lebih luas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.