Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk: (1) peningkatan kerja sama, dan (2) peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan pre-test post-test nonequivalent group design. Pengujian hipotesis dengan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,004 < 0,05. Rerata gain score kerja sama siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,73 > 0,62). (2) Terdapat perbedaan model kooperatif tipe Jigsaw dan NHT untuk peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS, dengan nilai t = 0,000 < 0,05. Hasil rerata gain score tanggung jawab siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan NHT (0,87 > 0,57). Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab siswa.
Full Text:
DOWNLOAD FULL TEXTReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to teach belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (buku asli diterbitkan 2007).
Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Walker, D. A. (2012).
Introduction to research in education. Belmont: Wadsworth.
Carpenter, J. M. (2006). Effective teaching methods for large classes. Jurnal of Family & Consumer Sciences Education (Vol. 24, 2).
Dewantara, K. H. (2004). Karya ki hadjar dewantara bagian pertama pendidikan: Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Lickona, T. (2013). Educating for character: mendidik untuk membentuk karakter bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). New York: Corwin Press Inc. (buku asli diterbitkan 2002).
Lie, A. (2004). Cooperative learning: mempraktikkan cooperatif learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pardjono. (2014). Pengembangan karakter siswa SMK melaui mata pelajaran: kajian kasus dalam mata pelajaran gambar teknik mesin. Proceeding memantapkan pendidikan karakter untuk melahirkan insan bermoral, humanis, dan profesional. Yogyakarta, 453-467.
Partana, C. F. (2008). Kajian efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad pada mata pelajaran IPA aspek kimia di SMP 2 Mlati Sleman. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan, No. 2, 152-163.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solihatin, E & Raharjo. (2009). Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia menuju 2025 outlook: permasalahan, tantangan & alternatif kebijakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tran, V. D. & Lewis, R. (2012). The effects of jigsaw learning on students attitudes in a vietnamese higher education classroom. International Jurnal of Higher Education Vol. 1, No. 2, 9-20).
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN :Â 2549-9475Â Â |Â Â Â pISSN :Â 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases:Â
   Â
      Â
   Â
  Â
 Â
 Â
  Â
Suported by:
Â
View My Stats