IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMK NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 2 Depok yang mencakup aspek konteks, input, proses, produk dan outcome dan kendala-kendala yang dihadapi serta upaya-upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model CIPPO. Analisis penelitian menggunakan prosedur analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian implementasi MBS di SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 2 Depok dari aspek konteks hampir semua aspek di kedua sekolah ini terpenuhi.Dari segi input MBS, SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 2 Depok mempunyai dukungan input yang baik. Ditinjau dari proses telah berjalan dengan “baik". Sedangkan dari aspek produk sangat baik. Prestasi yang diraih oleh siswa SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 2 Depok sangat banyak dan membanggakan baik bidang akademik maupun nonakademik. Dari segi outcome, lulusan dari SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 2 Depok lebih banyak diserap di dunia kerja daripada melanjutkan ke perguruan tinggi. Kendala-kendala yang dihadapi kedua sekolah ini tidak terlalu mempengaruhi proses implementasi MBS karena pihak sekolah dapat mengatasi kendala-kendala tersebut dengan solusi yang tepat.
Kata kunci: Implementasi, MBS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Â
![]() | Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |