The influence of learning environment and learning motivation on student achievement in Social Studies: A case study in Adiwiyata School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianda, R., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2019). Pengaruh program adiwiyata terhadap literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(1), 32-42.
Ahmad, F., Sukaya, S., & Hadi, A. (2015). Hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. Voteteknika (Vocational Teknik Elektro), 122-131.
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata berbasis partisipatif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57-70.
Bahrudin, M. D. (2017). Pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25-37.
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120-132.
Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2), 13-20.
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 46-52.
Halim, S. N. H. & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
Halimah, N., Saputra, Y. W. & Anwar, Y. (2024). Analisis penerapan Program Adiwiyata terhadap sikap kepedulian siswa pada lingkungan sekolah di SMA Negeri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Geosfer, IX, 75–90. https://doi.org/10.24815/jpg.v9i1.34488
Halmuniati, H., Hasiati, H., Wui, L., & Awad, F. B. (2020). Pengaruh motivasi belajar dan tingkat kecemasan terhadap prestasi belajar IPA Siswa MtsN. 2 Konawe Selatan. Kulidawa, 1(2), 70-76.
Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.
Maghfiroh, I. (2019). Keunggulan sekolah Program Adiwiyata Nasional di Sekolah Islam Amalina Pondok Aren Bintaro. Institut Ilmu Al Quran (IIQ) .
Maryana, R. & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar. Prenada Media.
Novrizal, A. (2024). Implementasi Program Adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa SMAN 4 Bogor. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 10(2), 129-138.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.
Rustiana, A., & Chalifah, N. (2012). Pengaruh lingkungan belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa SMA N 1 Jekulo Kudus. Dinamika Pendidikan, 7(1), 14-28.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT Rajagrafindo.
Aini, T. N., Akbar, S. & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata berbasis partisipatif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Halim, S. N. H. & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
Magfiroh, I. (2019). Keunggulan sekolah Program Adiwiyata Nasional Di Sekolah Islam Amalina Pondok Aren Bintaro. Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta.
Maryana, R. & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Prenada Media.
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I. & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10(01), 67–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sartina, S. & Indartono, S. (2019). Pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar terhadap hasil belajar Ekonomi di SMA/MA. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 87–100. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27646
Slameto. (1988). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintas sejarah. Pustaka Setia.
Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Tikho, A. E. & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal PGSD, 09(09), 3384–3398.
Wahyuningsih, S. & Djazari, M. (2013). Pengaruh lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 2(1), 137–160. https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1189
Wardani, W. (2021). Pengaruh lingkungan belajar, fasilitas, dan metode mengajar guru melalui motivasi terhadap hasil belajar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1307-1315.
Widiastuty, R. D., Ferdian, A., & Mansur, D. M. (2021). Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (Studi kasus pada siswa Kelas XI SMK Telkom Bandung). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 405-417.
Yatmoko, R. D., & Fitriani, Y. (2021). Analisis motivasi belajar siswa kelas iv sekolah dasar dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Didaktika, 1(1), 66-76.
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v12i1.77536
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN:Â 2355-0139Â (Print) |Â 2615-7594Â (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website:Â https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email:Â jipsindo@uny.ac.id