Implementation of flipped learning with flipbook media assistance on learning outcomes and critical thinking abilities
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, H. O. K. (2016). Flipped learning as a new educational paradigm: An analytical, critical study. European Scientific Journal, 12(10), 417–444. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n10p417
Andan, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan bahan ajar electronic book menggunakan software Kvisoft flipbook pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI: Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730
Aprilia, T. (2021). Efektivitas penggunaan media sains flipbook berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059
Damayanti, A. N., & Raharjo. (2020). Validitas flipbook interaktif pada materi sistem pernapasan manusia untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas xi sma. Jurnal BioEdu, 9(3), 443–450. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p443-450
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian tindakan kelas. Harapan Cerdas.
Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas ix-d SMPN 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 1, 580–590. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7000
Harefa, D. (2020). Peningkatan prestasi belajar IPA siswa pada model pembelajaran learning cycle dengan materi energi dan perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–36. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 49–54. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810/3587
Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh PBL terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif IPA pada siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789
Julinar, J., & Yusuf, F. N. (2019). Flipped learning model: Satu cara alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366–373. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22330
Manullang, S., Harunasari, S. Y., & Chairiyati, I. (2019). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan pendekatan flipped learning menggunakan Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–6. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/337/302
Muga, W., Oje, M. S., & Laksana, D. N. L. (2018). Hasil belajar kognitif siswa SD dalam pembelajaran kontekstual media Mazi (studi pada siswa SD kelas tinggi). JET; Journal of Education Technology, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802
Parlin, I. D. P. L., Iswanto, B. H., & Budi, A. S. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis Kvisoft untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi medan magnet. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(1), 135–140. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4685
Putri, L. S., & Hasbiyati, H. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Smartphone pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bioshell, 8(2), 58–60. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.916
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 385–394. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3458
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Susanti, L. R. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis software flipbook makero materi peninggalan megalitik Pasemah dalam mata kuliah sejarah Indonesia kuno di FKIP Universitas Sriwijaya. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i1.2790
Tresnawati, C., Aryanti, F., & Suhaerah, L. (2022). Flipped learning dalam meningkatkan berikir kritis mahasiswa pada materi fotosintesis dimasa pandemik covid-19. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5752
Triaji, A. H., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Penerapan model flipped learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan irasional. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 813–820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.813-820
Wahyuni, S. (2018). Implementasi pendekatan sainstifik pada pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sains siswa kelas xi-IPA SMA Negeri 2 Lambandia, Kab. Kolaka Timur-Sultra. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 47–55. http://dx.doi.org/10.17977/um052v9i2p47-55
Wibowo, E., Pratiwi, D. D., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Endro, J., & Putra, Y. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Kvisoft flipbook maker materi himpunan. JDesimal: Jurnal Matematika Matematika, 1(2), 147–156. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.58191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diah Sudiarti, Nashlul Muflihatul Ashilah, Umi Nurjanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics