Development of digital learning media based on the GlideApps website on geography subjects endogenous power material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, B. N., Sutiadiningsih, A., Astuti, N., & Bahar, A. (2022). Pengembangan e-modul berbasis Glideapps pada materi pemilihan dan pemotongan daging bagi siswa kelas X SMK. Jurnal Tata Boga, 11(2), 155–163. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/49253
Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.
Amin, M. (2014). Geologi dasar kelas X semester 1. Repositori Kemdikbudi. https://repositori.kemdikbud.go.id/9769/
Aprilia, C., Anggereini, E., Nazarudin, N., & Ahda, Y. (2023). The development of web-based learning media (Glideapps) to improve digital literacy and science literacy about materials human digestive systems. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1112–1117. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2618
Arsad, A., & Rahman, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA dI SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Aziz, A. L., Musadieq, M. Al, & Susilo, H. (2013). Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap kemanfaatan pada sikap pengguna e-learning. JAB: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/78252-ID-pengaruh-kemudahan-penggunaan-terhadap-k.pdf
Cholid, A. A., Elmunsyah, H., & Patmanthara, S. (2016). Pengembangan model web based learning pada mata pelajaran jaringan dasar paket keahlian TKJ pada SMKN Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(5), 961–970. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6333
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile learning sebagai sarana pembelajaran abad 21 pada era revolusi industri 4.0. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 28–40. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132
Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17(6), 722–738. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.09.013
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, 1 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Kurniawan, D. A., Darmaji, Astalini, & Husna, S. M. (2023). A study of critical thinking skills, science process skills and digital literacy: Reviewed based on the gender. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1741–1752. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1644
Kurniawati, D., Sari, Y. I., & Efendi, A. (2019). Pengembangan LKS berbasis learning cycle 5E pada materi litosfer. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3135
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form sebagai alternatif pembuatan latihan soal evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 183–188. https://web.archive.org/web/20180413114310/http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/download/1582/701/.
Maydiantoro, A. (2021). Research model development: Brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29–35. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPPPI/article/view/22164
Minan, D. A., & Ekohariadi, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Mobile Glideapps pada mata pelajaran kejuruan Kelas X DKV SMK Negeri 1 Cerme Gresik. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 36–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/49048
Nisa, E. M., Bahar, A., Purwidiani, N., & Romadhoni, I. F. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada kompetensi dasar personal hygiene di SMK Negeri 2 Ponorogo. Jurnal Tata Boga, 11(2), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47926
Nor, A. M. M. (2021). Pembangunan aplikasi penilaian projek akhir menggunakan “Google Sheet†dan 'Glide Apps". IJMOE: Journal of Modern Education, 3(8), 71–90. https://doi.org/10.35631/IJMOE.38007
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Rahmawati, A. I. N., Ariffudin, I., Latifah, L., & Soejanto, L. T. (2020). “Say no to codingâ€: Designing of Mobile-app-based learning media using Glide apps. 2nd Annual Conference of Science and Technology (ANCOSET 2020), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012079
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta.
Sukandarrumidi, Purnawati, D. I., Miftahussalam, Rakhman, A. N., & Maulana, F. W. (2019). Geologi umum bagian kedua. UGM Press.
Sulaiman, J. M. (2020). Pengaruh media belajar Smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 2(2), 94–106. https://doi.org/10.22437/ideal.v2i2.10465
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Syafiudin, M., Sumarmi, & Astina, I. K. (2016). Pengembangan modul geografi pariwisata dengan project based learning untuk materi ekowisata pesisir dan laut di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 347—353. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6160
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Sommel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Council for Exceptional Children. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Viola, N. E., Sulandjari, S., Kristiastuti, D., & Suhartiningsih. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Glideapps pada kompetensi dasar metode dasar pengolahan makanan Kelas X Tata Boga 2 SMKN 3 Kediri. Jurnal Tata Boga, 10(3), 474–482. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/43393
Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-book infografis sebagai penguatan kognitif siswa X MIA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p037
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i2.60995
Refbacks
Copyright (c) 2024 Mohammad Thofiqo Fakhruddin, Alfi Sahrina, Dwiyono Hari Utomo, Ifan Deffinika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics