PEMETAAN DAN RELEVANSI LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN IPS FIS UNY TAHUN 2015
Supardi, Supardi, Saliman Saliman, Satriyo Wibowo
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan hasil penelusuran alumni Pendidikan IPS terhadap kinerja penyelenggara program dan mutu layanan program, kepuasan Stakeholders atas kinerja alumni, masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertama, dan relevansi kurikulum. Peneliti menggunakan metode survey dengan menggunakan angket sebagai teknik mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga aspek kinerja penyelenggaraan program dan tiga aspek mutu layanan program yang perlu diperbaiki. Ketiga aspek kinerja penyelenggaraan program tersebut ialah (1) porsi pembelajaran praktik lebih sedikit ketimbang pembelajaran teori dengan rerata score angket: 3,79 (tafsiran cukup) yang artinya bahwa porsi pembelajaran masih perlu revisi; (2) membantu mahasiswa dalam masalah pribadi dengan rerata score angket: 3,75 (tafsiran cukup) yang artinya para dosen masih perlu meningkatkan upayanya dalam membantu masalah pribadi mahasiswa; (3) peraturan akademik yang dibuat dan disosialisasikan oleh program studi dengan rerata score angket: 4,00 (tafsiran cukup).
Bastaman, H. D. 1996. Meraih Hidup Bermakna: Kisah Pribadi dengan Pengalaman Tragis. Jakarta: Paramadina.
Alwi (dkk.). 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
John M. Echols & Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris–Indonesia: An English–Indonesian Dictionary. Jakarta Gramedia.
Sudrajat. 2014. Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, JIPSINDO, 1(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874